Pages

03 August, 2014

Tempat Berenang di Jogja!

         Kemampuan yang patut saya banggakan selama setahun terakhir ini adalah berenang. Kenapa harus ''bangga''? Ya, setelah saya tahu ternyata banyak juga yang belum bisa berenang. *no offense
Tekad buat berenang muncul seiring dengan kecintaan saya akan laut, pantai, dan kolam. Butuh tekad kuat buat belajar berenang. Ternyata tekad kuat dan percaya akan kemampuan sendiri bikin kita cepat bisa belajar lho. I experienced it. hehe nggak sampai sebulan, yah, hanya 2-3 kali nyebur kolam alhamdulillah bisa berenang, tak lain berkat bantuan dan dorongan para sahabat :)

        Kali ini saya mau bagi-bagi info tempat berenang di Jogjakarta. Sharing is caring, r8?
Sebenarnya kalau mau informasi lengkap bisa tengok disini . Tetapi saya mau share sedikit review dari kolam-kolam yang pernah saya coba saja. Enjoy!

1. Kolam Tirta Sari Hotel Brongto
Lokasi: Hotel Brongto
HTM: Pelajar 7000 (bonus Teh Botol)
Open: jam 6 am - 6 pm
Di sinilah saya pertama kali belajar berenang ditemani Aura. Yang nggak enak dari tempat ini, kalau weekend atau weekdays (sore hari) bakal banyak anak-anak kecil yang berenang sehingga cukup padat dan riweuh apalagi kalau banyak orang dewasa juga yang lagi renang. Timing yang tepat ya pagi hari karena suasananya masih sepi. Terdiri dari dua kolam anak dan dewasa meskipun ukurannya tidak terlalu besar namun yang menarik minat banyak orang barangkali harganya yang murah meskipun terletak di dalam hotel. Di sini juga disediakan penyewaan pelampung bagi mereka yang belum bisa berenang.

2. Salsabiela
Lokasi: SD Budi Mulia, Seturan, Depok, Sleman
HTM: Pelajar 8000
Open: dari pagi s.d. jam 8 malam
Kolam renang yang dirancang memang untuk kegiatan berenang massal, karena untuk pelajaran berenang bagi murid-murid SD BM, sehingga memiliki kolam yang cukup luas hingga kedalaman 1,75 meter. Di sini disewakan baju berenang, kacamata, dan pelampung, jadi memang lokasi yang tempat bagi mereka yang masih belajar berenang atau belum punya peralatan renang.

3. The Club House Casa Grande
Lokasi: Perum Casa Grande, Ringroad Utara
HTM: 15000
Open: dari pagi sampai malam (jam 8 mungkin ya)
The Club House merupakan kompleks gym yang diperuntukkan bagi penduduk Casa Grande dan publik. Selain ada gym di sini juga disediakan kolam renang. Kolam yang dikelilingi pepohonan membuat suasana rindang dan sejuk meskipun seringkali dedaunan dan rantingnya berjatuhan mengotori kolam. Ada dua kolam renang, untuk dewasa dan anak-anak. Di sini sepertinya tidak disewakan peralatan renang namun ada cafetaria yang siap mengisi perut yang kosong selepas berenang. Untuk mencari lokasi Club House tidaklah sulit, dari gerbang perumahan langsung masuk saja lurus mengikuti jalan utama sampai menemukan persimpangan, di situlah Club House berada. 

rooftop pool at The Cube
4. The Sahid Rich Hotel
Lokasi: Hotel Rich Sahid, Jalan Magelang
HTM: Member Only
Hanya karena seorang teman yang menjadi member, saya bisa berenang di sini. Pertama kalinya saya berenang di ketinggian gedung. Tempatnya nyaman dan kolamnya cukup luas.
The Rich Sahid
5. Depok Sport Centre (DSC)
Lokasi: Sebelah Superindo Seturan
HTM: 15000
Selain memiliki kolam yang cukup luas, ada 2 kolam (indoor dan outdoor), di DSC kamu juga bisa menikmati olahraga lain seperti beladiri, badminton, dan gabung di klub-klub tersebut. Untuk kolam renang outdoor ukurannya lebih luas dibanding yang indoor. Bagi yang nggak mau kepanasan renang di siang hari, bisa mencoba indoor pool di DSC meskipun saat itu saya rasakan airnya lebih dingin! brrr

6. Hotel Jambuluwuk Malioboro
Lokasi: Hotel Jambuluwuk Jogjakarta
HTM: Member 175000 /bln (coorporate 5 persons. Include swimming, gym, aerobic, yogalates, & sauna)
Baru nyobain gabung jadi member satu bulan selama puasa kemarin. Menurut saya harga coorporate member yang ditawarkan cukup murah dengan fasilitas yang lumayan disamping bonus diskon spa buat member yang mendaftarkan diri di atas 3 bulan. Kolam renangnya cukup sejuk dengan dikelilingi pepohonan yang membuat rindang sehingga tidak begitu panas jika renang di pagi hari. 
Hotel Brongto pool

7. Infinity Pool a la The Cube Hotel
Lokasi: The Cube Hotel, Jalan Parangtritis, Yogyakarta
HTM: 30000 (include towel & soft drink)
Hotel ini mencantumkan label ''infinity swimming pool'' sebagai salah satu fasilitas yang di tawarkan. Meskipun pemandangan di atas kolam tidak semenarik infinity pool ''sesungguhnya'' dengan suguhan pemandangan laut atau pantai. Selain itu kolamnya juga tidak luas, tetapi untuk ukuran kota Jogjakarta, pool di Cube Hotel bisa menjadi alternatif bagi mereka yang hobi hunting kolam renang. Dari sini anda bisa melihat suasana kota Jogja dengan pemukiman yang cukup padat dengan belum banyaknya gedung-gedung tinggi seperti di Ibukota.

Untuk referensi berikutnya, kolam renang di Rumah Budaya Tembi sedang menunggu untuk dicoba. See you there soon! And dont forget to let me know where is your favorite pool?


7 comments:

  1. Ga update lagi mba..aku baru pindah jogja nih..butuh referensi hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Akhir-akhir ini lebih sering berenang di Kolam alam, seperti di Air terjun di bantul, dan kata teman ada kolam renang lumayan oke di daerah jalan kaliurang di Hotel Savitri, ada juga Waterboom Galaksi yang baru buka di Jalan Wonosari, disitu katanya malah sepi jadi berasa kolam pribadi hahaha atau di bantul itu kolam Tirta Taman Sari sama Tembi. Yang terbaru aku nyoba di Tulip di Prawiro taman, tapi kamar mandinya shower terbuka gitu hehehe :)))

      Delete
  2. Aq juga hobi mb cari renang tenlat baru 😉

    ReplyDelete
  3. sedikit info, Rumah budaya tembi 27k untuk renang dapet cola sama towel, dan kalo untuk dapet bakmi jawa atau nasi goreng 36k

    ReplyDelete
  4. coba mbak ke Queen of the South Resort sama Indoluxe hotel kayaknya asik buat foto foto deh kolam renangnya.. abis liat artikel di webwisata.com tentang kolam renang di Jogja yang ada di atas hotel, jadi pengen nyemplung walaupun gak bisa berenang

    ReplyDelete
  5. update info ya...

    1. Hotel Brongto sudah tutup, termasuk kolam renangnya :(
    2. Hotel Sahid Rich menerima pengunjung kolam renang yang bukan member. Bayarnya Rp 30.000 buat sekali renang, dapet pinjaman handuk dan segelas air minum.

    dan soal kolam renang di jogja, ini ada info lagi dari blog sebelah:
    http://sujeneng.livejournal.com/20736.html

    ReplyDelete
  6. Coba kolam renang di Matahari Hotel, Jl. Parangtritis Yogyakarta. Kolamnya gede, kedalaman dari 1.5 M hingga 3 meter. Ada juga kolam khusus untuk anak-anak. Hanya 20.000 (rata untuk anak dan dewasa), dibuka hingga pukul 21.00 malam.

    ReplyDelete