19 mei, 2010

Highly Recommended!!!

This is my review movie for Suryakanta, my Major Bulletin. Enjoy!





        Three Idiots diliris pada akhir Desember 2009 dengan sutradara Rajkumar Hirani, film ini berlatar di India dan memang dibuat oleh orang India. Cerita berawal dari pencarian Raju, Farhan, dan musuh semasa kuliah mereka, Chathur, yang mencari, Rancho (Aamir Khan), salah seorang sahabat yang telah lama menghilang. Hari itu adalah hari dimana tepat sepuluh tahun mereka melangsungkan taruhan yang telah lama terlupakan. Tantangan yang pernah diajukan oleh Chathur karena dendamnya atas keisengan yang pernah dilakukan oleh Rancho dkk. untuk bertaruh siapakah yang paling sukses sepuluh tahun kedepan. Namun tepat di hari itu tidak ada satupun yang mengetahui keberadaan Rancho kecuali sebuah alamat yang dimiliki Chathur. Dalam pencariannya terjadi berbagai hal konyol, dari Farhan yang tiba – tiba membatalkan perjalanannya saat berada di pesawat hingga Phia (Kareena Kapoor), cinta lama Racho, yang harus membatalkan pernikahannya.
Alur yang digunakan adalah alur campuran, dimana inti cerita banyak digambarkan saat Rancho dan kawan – kawan masih menjadi mahasiswa. Rancho adalah sosok yang genius namun cukup berani, dia sering mengajukan pertanyaan yang bahkan oleh dosennya sendiripun tidak dapat dijawab. Dia juga tidak diijinkan untuk mengikuti beberapa mata kuliah karena tingkahnya yang rebel. Selain itu Rancho dan kawan – kawan juga sering melakukan hal – hal bodoh seperti tak sengaja menyelinap masuk kedalam pesta pernikahan Dosen killernya, Viru Sastrabudhi (Boman Irani), hanya untuk mendapatkan makan malam dan disinilah Rancho mulai berkenalan dengan Phia, yang tak lain adalah anak dari Sang Dosen.
Terkadang hal – hal bodoh mereka mengundang berbagai resiko dan masalah seperti pengubahan isi pidato Chathur, musuh mereka, mengencingi pintu rumah Dosen dalam keadaan mabuk hingga menyelinap masuk ke kantor dosen hanya untuk mengambil naskah soal yang akan diujikan kepada Raju. Karena sifatnya yang berani itu, beberapa kali Raju dan Farhan mendapat ancaman drop out dari kampus dan Rancho menjadi kambing hitam para dosen dan orangtua sahabatnya. Namun dibalik sikap Rancho yang berani itu, dirinya sering memberikan nasihat kepada kedua sahabatnya yang sering diremehkan oleh Dosen dan teman – temannya karena kebodohan mereka. Hingga akhirnya apa yang dinasihatkan oleh Rancho mengubah jalan hidup Raju dan Farhan jauh dari apa yang tak pernah mereka berani putuskan.
Masalah muncul ketika orang yang dimaksud Rancho itu bukanlah Rancho teman mereka semasa kuliah, namun orang tersebut memiliki ijasah dan foto angkatan yang sama seperti yang mereka miliki. Banyak sekali nilai – nilai moral yang terkandung dalam film ini, seperti kesuksesan yang dilihat dari perspektif setiap individu dan bagaimana setiap orang harus memutuskan jalan hidupnya sendiri tanpa harus terbebani oleh anggapan orang lain atau tekanan dari orangtua mereka.


          Cukup unik karena tidak  banyak film India yang secara umum dianggap ’berisi’ atau berbobot. Tidak seperti film India kebanyakan, adegan menari dan menyanyi tak absen dari film ini namun tidak banyak dan cukup menghiburkan. Dari sini terlihat bahwa Three Iditos memang betul – betul memperlihatkan substansi film dan nilai – nilai moral itu sendiri daripada tema musikal yang sering menjadi ciri umum film India. Lamanya durasi yaitu sekitar 2 jam 45 menit cukup lama untuk menanti klimaks cerita ini namun juga tidak cukup membosankan karena adanya bumbu – bumbu komedi yang sajikan.[Tantri]

Geen opmerkingen:

Een reactie plaatsen