31 oktober, 2011

It's My Circle

Judulnya adalah mencoba kembali produktif. setelah sekian hari tidak lagi menulis, curcol, dan bersikap (sok) kritis.
             Kali ini saya kan mereport kegiatan beberapa hari yang lalu, yang diadakan oleh Samsara dan teman-teman seperjuangan yang turut aktif memperjuangkan hak-hak reproduksi dan seksualitas *tsaaaah
 Kegiatan ini ngehits-nya disebut flashmob. Info tentang kegiatan ini saya dapatkan lewat jejaring sosial, sms, dan juga ajakan dari mulut ke mulut. Flashmob kali ini mengangkat issue utama yaitu layanan safe abortion , namun tidak serta merta mengajak masyarakat untuk melakukan aborsi, karena untuk melakukan aborsi yang aman perlu dilakukan konseling dan berbagai pertimbangan, pun tidak semua perempuan bisa melakukan aborsi, karena janin sudah berusia lebih dari 10 minggu misalnya. Diangkatnya issue ini tak lain adalah sebagai bentuk kepedulian atas tingginya angka kematian perempuan yang melakukan aborsi tidak aman, seperti tidak sterilnya peralatan yang digunakan, ketidakahlian tenaga medis. Aborsi tidak serta merta terjadi pada perempuan yang hamil sebelum menikah saja, namun juga pada KTD (Kehamilan Tidak Direncankan) pada pasangan yang telah menikah. 

        Disamping itu aksi ini secara tidak langsung turut mengkampanyekan hak atas otoritas tubuh, hak kesehatan reproduksi dan seksualitas. Seperti kita ketahui, perempuan saat ini masih menjadi objek dan juga sub-ordinasi dari kaum laki-laki dimana belum sepenuhnya memiliki kuasa atas hak seksualnya, seperti kapan merencanakan untuk menikah, memiliki anak, menentukan alat kontrasepsi, dan yang lainnya.
       Aksi yang bertajuk "It's My Circle" ini dilakukan pada hari Kamis, tanggal 20 Oktober 2011 pukul 10 pagi di Lapangan Grha Sabha Pramana UGM, dengan melibatkan 50-an orang. Aksi berjalan lancar dan untungnya tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Nama It's My Circle dipilih karena turut menjadi representasi simbol OS (rahim perempuan), juga merupakan simbol lingkaran dimana semua orang; teman, saudara kita erat dengan issue ini. Aksi yang bersamaan dengan diselenggarakannya APCRCHR atau konferensi kesehatan reproduksi dan seksualitas se-Asia Pasifik ini diawali dengan aksi didalam Graha Sabha Pramana kemudian dilanjutkan dengan bergandengan tangan mengelilingi tiang bendera di Lapangan GSP UGM.
     It's My Circle, I'ts My right, Safe abortion now!


Geen opmerkingen:

Een reactie plaatsen