23 juni, 2011

Dance 4 Life: We are the Agent of Change!!!

haiii haiiii....sudah lama nggak nge-post hehehe...Kali ini aku kembali lagi dengan cerita dan pengalaman seru dan luar biasa...! HAHAHAHA...*mulut mongap-mangap* *hidung kembang-kempis*

Yup! Beberapa hari kemarin saya cukup disibukkan dengan pelatihan dance dari PKBI, ya sudah beberapa bulan ini saya bergabung jadi volunteer di PKBI dan memegang di divisi PRS (pengorganisasian Remaja SMP). Kebetulan salah satu goal projectnya adalah mengumpulkan 2400 siswa SMA dan SMP untuk ikutan dance merayakan hari AIDS Sedunia (HAS). Nah, project dance massal ini bernama... Dance 4 life!

naaah...apa itu Dance 4 life? kamu bisa googling deh hehehe...Jadi Dance 4 Life adalah gerakan kampanye untuk mengajak seluruh kaum muda di dunia untuk ikut menekan laju penyebaran HIV/AIDS yang sekarang korbannya sudah banyak dari kalangan anak muda sendiri. Kampanye ini sendiri dilakukan setiap hari Sabtu, tiap 2 tahun sekali, seminggu sebelum HAS 1 Desember. Dance 4 Life mengajak seluruh kaum muda untuk tetap peduli dengan isu-isu HIV/AIDS dengan menjadi agen perubahan. Naaah, apa sih agen perubahan atau agent of change itu? Jadi agen perubahan ini akan mengajak teman-teman sebayanya ataupunorang lain untuk terus aktif bertanggungjawab menekan laju penyebaran virus HIV dan menghapuskan stigma terhadap ODHA yang selama ini masih menempel di kebanyakan orang. 

     dance 4 life sendiri mulai ada sejak 2004, dan ada 3 pionir negaanya; Afrika Selatan, Belanda, dan INDONESIA! Bangga dong????! Nah , di tahun pertamanya saja sudah melibatkan 38.500 anak muda, dan di tahun 2011 ini akan ada 30 negara yang terlibat dengan Misi akan ada 34 Negara dengan 1 Juta Agen Perubahan di tahun 2014!!! Dance 4 life memiliki 4 langkah dalam projeknya, yakni inspire, educate, activate, and celebrate. Untuk skala nasional, regional Jogja, Jambi, Papua, dan Jakarta akan melakukannya tahun ini, dan secara internasional akan dilakukan di tahun 2012 dan akan disiarkan melalui satelit bersama-sama dengan negara lain :D Untuk Jakarta sendiri tahun 2010 lalu telah mengikuti dan melibatkan remaja SMA. Di jogja sendiri akan melibatkan remaja SMP dan SMA dan itu akan sebanyak 2.400 siswa.. Keren bukaaann???
#Dance4life Indonesia

   Naaah, kemarin teman-teman relawan dari beberapa komunitas sudah melakukan training untuk menjadi fasilitator yang nantinya akan terjun ke sekolah-sekolah mengajarkan dance ini ke teman-teman SMP dan SMA. Training berlangsung  selama 5 hari 4 malam di Hotel Bintang Fajar dan dilakukan simulasi di hari terakhir di SMPN 1 Berbah. That was fun i got lots of wonderful experiences!!! Banyak belajar dengan teman-teman yang luar biasa dan bersama master trainers dari Jakarta. Oh iya, Dance 4 life ini merupakan Heart Connection Tour atau tour pertautan hati yang bersama-sama menautkan hati anak muda di seluruh dunia agar terus aware dengan HIV/AIDS dan selalu bertanggungjawab atas apa yang telah diperbuat! Jauhi Virusnya Bukan Orangnya!

take responsibiliy for life....
let your voice be heard! 
H-I-V
and AIDS we can beat it
take respon ability,
I can! You can! 
Together We can All...
beat it!

Geen opmerkingen:

Een reactie plaatsen