06 augustus, 2013

Bermalam di atas Prau


Where?
Gunung Prau, Dieng, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah

When?
6-7 Juli 2013

Who?
Tantri, Dimpil, dan Pengok

How to get there?
Naik motor dari Jogja jam 8 pagi melalui jalur Sapuran (Borobudur) dan sampai di Dieng pada pukul 11 siang. Kondisi jalan sekitar Sapuran (Magelang) tidak cukup bagus.
Pulangnya kami lewat Tambi (Temanggung), sepanjang jalan ini kamu akan disuguhi pemandangan perkebunan teh Tambi, Gunung Sindoro dan Sumbing. Tetapi untuk kualitas jalannya sama seperti kondisi jalan di Sapuran, tidak cukup bagus, sayangnya melalui jalur ini maka akan dibutuhkan waktu lebih lama. Kami pulang sekitar pulang 11 dan sampai Jogja pada pukul 4 (sebelumnya mampir ke Pasar dan beristirahat di Temanggung dulu).

Telaga Warna. Disini juga ada situs Telaga pengilan dan 3 Candi yang disakralkan.
What to do?
- Eksplore empat kawasan wisata Dieng: Telaga Warna, Dieng Plateau Theatre, Kompleks Candi Arjuna, dan Kawah Sikidang.
- Nanjak lanjut camping di Gunung Prau
- Untuk mencapai empat wisata tersebut bisa membeli tiket terusan seharga 20ribu (lebih mahal sebetulnya). Karena saat di Candi Arjuna, pengunjung tidak diperiksa tiketnya alias masuk gratis. Jadi mending beli tiket satuan per tempat wisata saja. Untuk keliling antar tempat wisata bisa sewa ojek atau bawa kendaraan pribadi.
- Di Kawah Sikidang ini, banyak ditemukan lubang-lubang belereng, bahkan yang kecil sekalipun dan berada di jalan setapak yang dilalui pengunjung.
vegetasi yang akan sering ditemui di Prau

- Untuk menanjak Gunung Prau butuh waktu sekitar dua jam (sampai di Puncak menara repeater). Sayangnya karena kondisi mental yang tempe, akhirnya perjalanan ke bukit teletubbies dimana spot sun rise terbaik tidak jadi dikunjungi (hiiiiiiiiiiikssss). Dari puncak menara repeater ke bukit teletubbies butuh waktu satu jam dengan medan yang cukup landai. Sun rise bisa dinikmati disini dengan pemandangan tujuh puncak gunung sekaligus diantaranya Merapi, Merbabu, Sumbing, dan Sindoro.
Puncak Sindoro dan Sumbing yang terhalang oleh bukit Teletubbies menjelang matahari terbit
hamparan ladang yang menyejukkan mata
Aurevoir!


Geen opmerkingen:

Een reactie plaatsen