25 januari, 2014

Sharing Recipe #1: Fusilli Tomatoes

Memasak tidak hanya rutinitas yang biasa dilakukan oleh perempuan, buktinya banyak juga laki-laki yang mendominasi isi dapur cafe, restaurant, bahkan di rumah sendiri. Selain suka makan, kadang saya juga suka masak. Masak apapun. Kalau lagi pengen atau kalau orang Jawa bilang blangkemen (hasrat pengen ngunyah, makan, meskipun nggak laper atau udah kenyang) dan kalau emang lagi lapar. Saya nggak pernah menyulitkan diri buat masak sesuai dengan resep di majalah atau di tivi, kecuali kalau lagi nggak males dan ada yang bayarin belanjaan. Artinya, saya akan memasak dengan bahan apa yang ada di dapur dan bisa saya beli di sekitar rumah. Tau sendiri kan bahan-bahan untuk masak terkadang nggak murah, khususnya Western food, dari minyak nya aja pakai olive oil. Nah, dari beberapa masakan yang udah pernah kubuat, rasanya ingin sekali membagi resep-resep tersebut, meskipun iseng hanya coba-coba berbekal inspirasi dari makanan yang udah kondang. Beberapa makanan yang akan saya share emang makanan favorit dan sering dibuat bahkan ada yang ga pernah dibikin lagi.
Kali ini saya pingin bagi resep buat bikin tomatoes fusilli with garlic and onion. Fusili itu sebangsa makaroni tapi dia bentuknya mlintir-mlintir kaya' sekrup gitu. Makanan ini terinspirasi dari salah satu masakan Italia yang telah mendunia, yaitu pasta. Berikut bahan dan bumbu yang bisa dipersiapkan.

Bahan
Tomat ukuran sedang 2 buah, kemudian dipotong kasar atau halus atau juga bisa diblender (sesuai selera)
Fusilli semangkok kecil, di rebus sampai matang, kemudian tiriskan
Margarin untuk menumis
Air secukupnya

Bumbu
Bawang putih 3 siung, diiris tipis
Bawang bombay 1 buah, diiris tipis
Garam
Merica

Cara memasak
Tumis bawang putih dan bawang bombay pada margarin yang telah dipanaskan
Setelah tumisan wangi dan kira-kira 3/4 matang, kemudian masukkan tomat yang telah dihaluskan atau dipotong kasar. Setelah itu tambahkan air sedikit saja, kira-kira setengah gelas kecil agar tidak kebanyakan dan malah jadi berkuah.
Setelah matang masukkan fusilli sambil terus diaduk dan tambahkan garam dan merica sesuai selera. Sebentar saja, karena fusili sudah matang, lalu matikan api. Siap dihidangkan.

Voila!

Geen opmerkingen:

Een reactie plaatsen